Minggu, 14 Juni 2009

Arti PENGINJIL

Jawatan Penginjil adalah salah satu dari 5 jawatan yang terdapat di dalam Alkitab. Dikenal juga dengan Evangelist. Ada makna yang dalam untuk jawatan Penginjil ini, melalui artikel ini kita dapat mengupas lebih jauh makna tersebut.
  • Arti dari Jawatan Penginjil

    1. Evangelist/gospeler/revivalist : A preacher of the Christian gospel
    2. Preach : Speak, plead, or argue in favour of; Deliver a sermon
    3. Gospel : Four books in the New Testament that tell the story of Christ's life and teachings; An unquestionable truth; The body of teachings of a religious group that are generally accepted by that group; A doctrine that is believed to be of great importance
    4. Revival: The coming again into activity and prominence, An evangelistic meeting, The conversion of waste land into land suitable for use of habitation or cultivation

Sebenarnya arti dari kata penginjil itu sangat bagus, berarti seharusnya kita bangga bila ada yang diberikan jawatan penginjil.
Katakan dengan keras,"saya bangga menjadi penginjil dan saya akan menceritakan History Yesus Kristus"

Mat 24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Apa arti tiba kesudahannya?

Kita lihat ayat selanjutnya menceritakan akhir jaman (Mat 24:15-51 - Mat 25:1-46).

Berarti kita tahu sekarang bahwa betapa pentingnya tugas penginjil yaitu mempersiapkan kedatangan Yesus kedua kali.

Penginjil mempunyai andil agar dapat mempercepat ataupun memperlambat kedatangan Tuhan kedua kalinya.

Mat 24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?"

Ternyata malah para rasul yang diberitahukan dahulu mengenai rahasia kedatanganNya dan kesudahan dunia. Bukan kepada para penginjil.

Mat 28:16-20 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Markus 16: 14-20; Lukas 24: 33-35, 36 (disini tambah 2 orang dari Emaus)

Tidak ada spesifik jawatan penginjil yang ditemukan diayat-ayat tadi, mereka semua adalah para rasul. Kita pun telah tahu bahwa Tuhan Yesus memberikan lima jawatan kepada kita.

Efe 4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

Dari ayat diatas terlihat para rasul dapat mewakili beberapa jawatan :
- Yohanes mewakili nabi
- Petrus mewakili penginjil (gal 2:7) dan gembala (yoh 21) (lihat di kamus "Petrus")
- Para rasul (12 orang) mewakili rasul
- Rasul juga pengajar (kis 2:42)

Ini menunjukkan bahwa setiap jawatan diberikan kuasa secara spesifik untuk menjalankan fungsinya.

Jadi penginjil mendapat porsi yang lebih bertanggung jawab dibanding yang lain.

Karena ini adalah Tubuh Kristus. Setiap bagian mempunyai fungsi khusus.

Amanat agung diberikan kepada semua jawatan, dan ada porsi lebih untuk menginjil.

Para penginjil kadang bertanya : "saya tidak tahu harus menginjil apa?"

Mat 24 : 3; para rasul (11 orang) bertanya tanda akhir jaman


  • Tanda pertama

Mat 24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!

24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Sesat berarti menyimpang dari Firman Tuhan. Sesat bisa dalam porsi kecil atau porsi yang besar, tetapi kecil atau besar tetap dinamakan suatu kesesatan. Jika seseorang belum mengetahui jalan kebenaran dan Firman yang benar maka ia masih sesat. Kesesatan ini bukan disebabkan 100% berasal dari luar lingkungan orang percaya tetapi sebagian besar justru berasal dari kalangan orang percaya yang sesungguhnya masih belum mengenal kebenaran Firman tetapi mengantikannya dengan pola pikir, doktrin, logika, pendapat intelek, ego pribadi. Hasilnya banyak jemaat yang mengikuti jalan oran tersebut dan ikut juga menjadi sesat.

(1) Banyak orang datang memakai nama Yesus. Banyak pemimpin agama sesat yang menyatakan dirinya adalah Yesus
(2) Akulah Mesias (lihat kamus "Kristus" yang diurapi oleh Tuhan, dia merasa yang dipilih oleh Allah menjadi penyelamat dan Tuhan". Banyak pendeta / gembala sidang merasa sangat diurapi karena gereja mereka telah menjadi besar.Gereja dapat menjadi besar karena kuatnya dana pembangunan gereja dan banyaknya jemaat yang bergabung dengan suatu lembaga gereja.Berhati-hati agar tidak menjadi sesat karena bangunan gereja besar belum berarti gereja memang diurapi oleh Tuhan. Ingat akan dosa kesombongan, harus senantiasa berjaga-jaga.
(3) Mereka akan menyesatkan banyak orang (deceive= Cause someone to believe an untruth). Tidak dipungkiri, sampai saat ini masih banyak gereja yang belum dapat mengikuti gerakan Roh Kudus, misalnya kegerakan doa untuk bangsa Israel, doa untuk bagi negara Indonesia, melakukan baptisan yang benar (selam), menerima adanya jawatan dan karunia Roh, menerima pengenalan dan pengetahuan tentang akhir jaman, mengetahui penyembahan dalam roh dan kebenaran, dll. Semua ini masih terjadi karena banyak jemaat yang masih tidak mau dan tahu menahu tentang kegerakan dan Kehendak Bapa.

Dalam hal ini, adalah tugas seorang penginjil untuk memberitahukan kepada mereka (orang Kristen / yang telah percaya kepada Yesus) untuk lebih lagi dalam mengenal pribadi Tuhan Yesus dan kehendakNya


  • Tanda kedua

Mat 24:6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.

24:7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.

(1) Mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang
a. Bangsa melawan bangsa
b. Kerajaan melawan kerajaan

Kita pun tahu masih ada negara yang terus berperang secara fisik sampai sekarang. Terakhir adalah perang USA vs Irak, yang juga diketahui seluruh dunia. Dan masih banyak perang yang kita tidak ketahui atau tidak terekspos utk umum.

Kita dapat memberitahukan kepada banyak orang bahwa mereka tidak usah takut dan khawatir, karena semua itu ada di dalam Firman Tuhan, dan akan pasti terjadi, baik kepada orang percaya ataupun yang bukan orang percaya.

  • Tanda ketiga

Mat 24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, 24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.

24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

(1) Kamu diserahkan supaya disiksa
(2) Kamu akan dibunuh
(3) Kamu akan dibenci oleh semua bangsa
(4) Mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci
(5) Banyak orang akan murtad / offended
(6) Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang

(point 1-4) Di Indonesia, kerusuhan ras ada di Ambon, Poso. Tetapi di China sudah terjadi di banyak tempat.
(point 5) di Indonesia sudah banyak yang murtad / offended = Act in disregard (Refuse to acknowledge) of laws and rules, banyak yang karena Kristen didiskriminasi menyebabkan mereka pindah ke agama lain, atau karena merasa terlalu banyak peraturan dan sebab yang lainnya. Mereka cenderung mencari yang hal-hal yang dapat menyenangkan dan memuaskan hatinya, bukan untuk mencari kebenaran yang sesungguhnya.
(point 6) nabi = Someone who speaks by divine inspiration; someone who is an interpreter of the will of God.
Banyak orang di jaman sekarang ini berkata telah mendapat ilham dari Tuhan atau mereka disuruh Tuhan untuk berbuat hal-hal tertentu. Dan hasil akhirnya mereka menyesatkan banyak orang (karena kenyataannya bukan berasal dari kehendak Tuhan yang benar). Nabi yang benar akan terlihat dari buah hasil nubuatan yang ia terima dari Tuhan.

Kita harus menyatakan kepada semua orang percaya untuk mempersiapkan diri mereka sewaktu menghadapi penganiayaan, dan harus taat sampai mati melakukan Firman Tuhan, karena Yesus telah berlaku seperti itu. Dan janganlah langsung percaya kepada setiap orang yang berkata bahwa dia mendapat perintah dari Tuhan, siapapun orangnya kita harus memeriksa dari Firman Tuhan.

  • Tanda keempat

Mat 24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.

(1) kedurhakaan / iniquity = An unjust act, Absence of moral or spiritual values,
(2) dingin (wax cold) wax = they are solid at normal temperatures and insoluble in water. cold = No longer new; uninteresting; Having lost freshness through passage of time; The absence of heat.

Karena banyak orang dan terutama orang Kristen melakukan tindakan yang tidak benar (masih datang ke dukun, percaya kekuatan sendiri, mengangungkan orang / pendeta / pejabat / orang suci, kawin cerai, aborsi, narkoba, seksual, dll), maka menyebabkan kasih menjadi dingin / menyebabkan mereka mengalami kejenuhan.

Cold, mereka sudah merasa putus asa karena dunia bukannya bertambah baik dan mereka kehilangan kegairahan / kasih mula-mula.

Wax, mereka solid pada suhu normal, kalau pada suhu panas atau dingin mereka tidak solid, jadinya panas bisa berbicara amarah Tuhan, mereka akan hancur atau takut dan mereka tidak bisa larut dalam air, sedangkan kita harus seperti tanah yang subur.

Mereka mulai melihat kuasa dari hadirat Tuhan, bukannya melihat sumber hadirat yaitu Yesus Kristus.

Dengan keempat tanda ini kita dapat menginjil dengan baik kepada siapapun, karena solusi dari seluruh kehidupan ini adalah Yesus (yoh 14:16 jalan, kebenaran, dan hidup)

Kita mempunyai kitab masa depan yang mempermudah kita untuk melangkah dan untuk menyelamatkan keluarga, saudara, teman, dan siapapun yang kita kenal ataupun tidak. Dengan melihat kehidupan mereka penginjil bisa memberitakan Yesus

Tugas penting seorang penginjil yang lain adalah berhubungan dengan tubuh Kristus

Kis 8:4 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil (History Yesus Kristus)

Kis 8:5-8 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias (dipilih oleh Allah menjadi penyelamat dan Tuhan ) kepada orang-orang di situ. Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu. Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.

Mat 10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Disini seorang penginjil mempunyai kuasa untuk mengadakan tanda-tanda / kuasa

Kis 8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.

Siapa disini yang telah belajar membaptis? :)

Kis 8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ. 8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.

Disini menunjukkan bahwa tubuh Kristus bekerja, setelah penginjil, Petrus (penginjil dan gembala), Yohanes (nabi), dan mereka adalah rasul = yang diutus

Kis 8:25 Setelah keduanya bersaksi dan memberitakan firman Tuhan, kembalilah mereka ke Yerusalem dan dalam perjalanannya itu mereka memberitakan Injil dalam banyak kampung di Samaria.

Rasulpun ikut menginjil, menggambarkan bahwa semua jawatan dan semua orang ikut memberitakan History Yesus Kristus

Kis 8:26 Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, menurut jalan yang turun dari Yerusalem ke Gaza." Jalan itu jalan yang sunyi.

Penginjil haruslah peka terhadap tuntunan Roh Kudus

Kis 8:35 Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya.
Seorang penginjil bisa mengerti Firman Tuhan dengan baik.
Dari kitab Yesaya bisa memberitakan tentang Yesus.

  • Penutup

Menjadi seorang penginjil haruslah bangga,tugas mulia mempersiapkan kedatangan Yesus kedua kali (mempercepat ataupun memperlambat) dan yang pertama kali membentuk jemaat, adalah pioneer dalam pembentukan Tubuh Kristus.

Penginjil telah diberikan kuasa dan lakukanlah itu dengan percuma

Penginjil harus bisa membaptis dalam nama Tuhan Yesus

Penginjil harus tahu Firman Tuhan

Penginjil harus peka terhadap Roh Kudus

Penginjil haruslah mempunyai hati yang mengasihi seperti :
Luk 10:33 Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.

Jadilah seorang penginjil yang kompeten (keahlian + pengetahuan + sikap)