Minggu, 14 Juni 2009

Rahasia Sekilas Tentang Alam Roh

Dunia roh sangat kompleks. Melalui artikel ini, kita akan coba bahas klasifikasi roh-roh dari sisi Firman Allah, antara lain tentang roh manusia yang telah meninggal, roh penyesat, roh jahat baik iblis maupun malaikat-malaikatnya dan seterusnya.

Garis Besar Kelompok Roh

A. Kelompok roh yang berasal dari orang yang telah mati
A1. Meninggal di dalam Tuhan Yesus / percaya Tuhan Yesus semasa hidupnya
A1.1. Mati dalam genap usia
A1.2. Mati belum genap usia

A2. Meninggal di luar Yesus / tidak percaya Yesus semasa hidupnya
A2.1. Mati dalam genap usia
A2.2. Mati belum genap usia


B. Kelompok roh yang bukan berasal dari manusia

B1. Malaikat yang menyertai manusia
B11. Malaikat Tuhan / malaikat penolong manusia
Tujuan malaikat ini untuk melayani tiap orang dan untuk melayani pekerjaan Tuhan dalam hidup manusia tersebut.

B12. Malaikat Iblis/ malaikat penyesat / roh penyesat
Tujuan mereka untuk menyesatkan manusia, memperburuk pikiran, menipu dengan cara berbisik, mempengaruhi, membujuk manusia lewat pikiran sendiri maupun melalui orang lain.

B2. Malaikat yang lebih tinggi tingkatnya di atas kelompok di kelompok B1
B21. Army of God / bala tentara Sorga, dengan penghulu pasukan Sorga yaitu Michael.

B22. Army of Darkness / bala tentara Iblis dengan penghulu Iblis antara lain : ROSA dan MARIA MARGUELA. Salah satu kesaksian dilihat dari kesaksian seorang penyihir Afrika bernama Mukendi, pada bukunya 'Lepas dari Cengkaraman Iblis' dikatakan bahwa para penghulu iblis tersebut mengendarai naga dan berkeliling bumi menjadi penguasa di udara.


• Perihal Genap Usia


Setiap manusia seharusnya meninggal dalam usia yang telah ditetapkan bagi masing-masing manusia dan usia tersebut berbeda setiap orang, perihal itulah yaitu disebut dengan GENAP USIA.

Tuhan Yesus sendiri bekerja menurut waktu yang sudah genap :
"maka Ia akan memberkati…Aku akan menggenapkan tahun umurmu." (Kel 23:25-26)
"apabila umurmu sdh genap untuk pergi" ( I Taw 17:11 )
"ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga" (Luk 9:51)
"Ya Allahku, janganlah mengambil aku pada pertengahan umurku." (Maz 102:25)

Manusia meninggal dengan tidak genap usia, ini dikarenakan adanya kecelakaan, sakit penyakit, dibunuh, bencana alam, dan lain lain.
Hal ini bisa berarti karena adanya serangan dari si jahat dan atau memang dikarenakan dari pihak si manusia itu sendiri yang tidak berdaya menangkal gangguan tersebut, atau ada pula karena memang telah direncanakan sedemikian rupa oleh Allah, contoh : seorang percaya yang mati sebagai martir Kristus, tetapi mati sebagai martir ini kelak akan mendapat bagian mahkota kehidupan nanti sewaktu bersama Tuhan (Wah 2:10)


• Meninggal di dalam Tuhan Yesus


A. Genap usia dan tidak genap usia
Meninggal baik dengan genap maupun tidak genap usia di dalam Tuhan Yesus, Tuhan telah berfirman melalui ayat :
"hari ini juga engkau akan..di dalam Firdaus." (Luk 23:43)
"dibawa oleh malaikat ke pangkuan Abraham" (Luk 16:22)

(diperkirakan istilah 'pangkuan Abraham' adalah istilah sebutan untuk 'Firdaus' karena Abaraham adalah nenek moyang orang Israel dan istilah ini selalu dipakai dalam Perjanjian Lama)

Baik meninggal dalam genap usia maupun tidak genap usia di dalam Tuhan Yesus, seseorang akan langsung dibawa menuju ke Firdaus.

Firdaus ini bukanlah Sorga karena Sorga baru akan ditempati setelah melewati hari penghakiman terakhir.

Bisa dikatakan Firdaus adalah sebuah lokasi penampungan umat Allah sebelum masuk ke dalam hari penghakiman (baca buku 'Lepas dari cengkraman Iblis' oleh Mukendi dan Pdt Kaniaki).

Dan jika seseorang sudah berada di Firdaus ini maka ia tidak akan dapat lagi keluar dari sana dan tidak bisa mengunjungi manusia yang masih di bumi tetapi ia beristirahat menunggu bagian upahnya di akhir zaman nanti (Luk 16:23-31)
"engkau akan beristirahat dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu" (Dan 12:13)
"bahwa mereka hrs beristirahat sedikit waktu lagi.."(Wah 6:9-11)


• Meninggal di luar Tuhan Yesus


A. Genap usia
Mereka yang meninggal genap usia dan tidak percaya kepada Tuhan Yesus akan dibawa masuk ke jurang maut/ alam maut (Luk 8:31, Wah 20:3)

Alam maut ini setingkat dengan Firdaus dan alam maut ini juga bukanlah neraka, neraka baru exist setelah melewati proses pengadilan penghakiman Allah (Wah 20:11-15).

Alam maut ini merupakan lokasi penampungan untuk jiwa-jiwa manusia yang mati genap usia di luar Tuhan Yesus dan sama seperti halnya dengan di Firdaus, mereka yang berada di alam maut juga tidak akan dapat keluar dari sana untuk menghubungi manusia lain yang masih hidup di bumi. Mereka juga akan menunggu waktu pengadilan tahta penghakiman Allah tiba dan akan ikut masuk pengadilan untuk diadili.

B. Tidak Genap usia
Mereka yang meninggal tidak genap usia dan tidak percaya kepada Tuhan Yesus tidak akan masuk ke dalam alam maut tetapi arwah mereka akan gentayangan di bumi, dan roh mereka seringkali disebut dengan sebutan arwah gentayangan atau roh penasaran.

Tuhan Yesus menyebut mereka sebagai "unclean spirit" / roh kotor (Mat 10:1, Luk 9:42)
Tuhan Yesus pernah mengijinkan roh gentayangan semacam itu agar dibiarkan masuk ke babi atas karena roh tersebut sudah tidak dapat masuk ke dalam alam maut
(Luk 8:31-33)


". . sudah mati . . . sudah menjadi arwah . . ." (Yes 26:14)
"dijagakannya arwah bagimu, yaitu semua bekas pemimpin di bumi . ." (Yes 14:9)

Arwah gentayangan ini tidak dapat berbuat banyak karena mereka telah kehilangan tubuh jasmani mereka, mereka hanya hidup dan gentayangan saja menunggu waktu agar genap saatnya untuk dapat masuk ke alam maut dan sekaligus menunggu waktunya untuk melewati proses pengadilan penghakiman Allah selanjutnya untuk masuk ke dalam api kekal (Wah 20:11-15).


• Arwah gentayangan dapat dipanggil

Arwah dapat dipanggil oleh manusia, Alkitab mencatat banyak proses pemanggilan arwah ::
"orang yang berpaling kpada arwah..bertanya kpada mereka.." (Im 20:6)
"..pemanggil arwah…" (2Raja 21:6)
"minta petunjuk kpada berhala…komat kamit…..kpada orang mati…" (Yes 8:19)
"bertanya kpada arwah…minta petunjuk kpada orang mati…"
(Ul 18:11)

Memanggil arwah orang mati, atau meminta petunjuk kepada orang mati adalah tindakan seteru dengan Allah !. Umat Israel dahulu melakukan tindakan seteru ini walau telah diperingati oleh Allah sehingga menyebabkan banyak dari orang Israel menerima hukuman Allah.


• Arwah butuh makanan
?

"persembahan mereka adalah persembahan kpada roh jahat…" (1Kor 10:20)
"korban-korban sembelihan bagi orang mati.." (Maz 106:28)

Arwah membutuhkan 'makanan'. Manusia yang belum mengerti Firman Allah, banyak yang memberikan sesajen / makanan kepada para arwah-arwah. Sesajen dapat beraneka ragam bentuknya, mulai dari kue-kue, bunga/kembang, permen, rokok, kemenyan, buah-buahan, daging hewan dan bahkan persembahan berupa korban manusia.


• Orang bisa kerasukan arwah ?

Arwah manusia berbeda dengan malaikat, arwah pada asal mulanya berasal dari manusia, mereka dulu pernah tinggal dalam sebuah tubuh jasmani. Sedangkan para Malaikat tidak pernah tinggal dalam sebuah tubuh jasmani. Jadi apabila kita menonton film yang menceritakan seorang malaikat menjadi seorang manusia tentu saja kita akan mengetahui bahwa hal itu tidaklah benar :)

Arwah gentayangan memerlukan tubuh jasmani untuk dijadikan 'tempat tinggal'.

Salah satu bukti bahwa arwah dapat masuk ke dalam diri seseorang :
"apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun..akan mencari perhentian …" (Mat 12:43)
"mereka yang dirasuki oleh roh2 jahat…" (Luk 6:18)
"apabila seseorang laki2 atau perempuan dirasuki arwah…" (Im 20:27)


• Berapa banyak seseorang dapat dirasuki oleh arwah ?

Ada catatan dalam Alkitab yaitu sewaktu Yesus mengusir roh jahat dari tubuh seseorang (Mar 5:9). Orang tersebut dirasuki oleh arwah bernama "legion". Dalam dunia militer, istilah 1 legion bukan terdiri dari satuan melainkan ribuan prajurit, dan kemungkinan arwah-arwah tersebut berasal dari arwah para tentara Romawi, ini dikarenakan istilah Legion berasal dari istilah militer Romawi.

Dari buku "Lepas dari Cengkraman Iblis", Mukendi bersaksi bahwa para tukang tenung/tukang sihir dapat mengirimkan beratus-ratus arwah orang mati masuk ke dalam diri seseorang yang tubuh rohaninya memang saat itu tidak terlindung dan terbuka di alam roh, dan dituliskan pula bahwa Mukendi sebelum ia bertobat, pernah membawa sebanyak 500 roh dari alam maut yang dipinjamkan oleh iblis kepadanya untuk dicoba dimasukan ke dalam diri Motumbu dan istrinya.

Hanya satu cara mencegah arwah orang mati agar tidak bisa masuk ke dalam diri kita, yaitu dengan cara menutup celah kita dengan kuasa darah Tuhan Yesus.


• Seseorang dirasuki lalu ia mati, apakah yang terjadi kemudian ?

Jika belum genap usianya, maka orang yang dirasuki pun akan ikut menjadi arwah gentayangan, dan bila ia telah mati genap usia ia akan dibawa masuk ke dalam alam maut.


• Siapa yang dapat dirasuki ?


Kata "arwah" dalam KJV Im 20:27 disebut sebagai "familiar spirit", berarti ada hubungan dengan keluarga dekat/ akrab/ teman dekat/teman karib, dan lain lain. Bisa berarti arwah dari kalangan yang kita masih kenal seperti arwah keluarga dekat, teman dekat, kenalan dan lain lain.

Ada beberapa kasus yang diketahui sewaktu proses pengusiran arwah/setan, yaitu ditemukan bahwa si pasien tersebut ternyata memiliki hobby / karakter yang sama dengan karakter si arwah, ini memberi petunjuk bahwa roh/arwah orang mati akan mencari tubuh seseorang yang gaya hidupnya mirip atau sesuai dengan cara hidup si arwah sebelum ia dulu meninggal. Dengan demikian si arwah akan dapat meneruskan cara hidup mereka yang dahulu, contoh arwah dari orang yang suka judi akan mencari orang yang suka berjudi, arwah seorang perokok akan mencari orang yang suka merokok, arwah dari orang suka berbuat zinah akan mencari orang yang suka berbuat zinah, dan seterusnya.


• Malaikat penolong


Malaikat Tuhan mempunyai tugas-tugas antara lain : Melayani, menyembah, mengurusi Sorga dan menyambut Anak sewaktu Anak masuk ke sorga, selain itu malaikat Tuhan juga mendapat tugas untuk membantu manusia di bumi yang telah diperintahkan oleh Tuhan kepada mereka :

"menyembah dan melayani Tuhan" (Maz 104:4, Mat 4:11)

"adalah roh2 yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang hrs memperoleh keselamatan.." (Ibr 1:14)

"jangan menganggap rendah..anak kecil..karena ada malaikat mereka di sorga…" (Mat 18:10).

Jelas bahwa ada malaikat-malaikat Allah yang bertugas untuk melayani dan membantu manusia terutama bagi mereka yang memperoleh keselamatan.


• Malaikat bala tentara sorga


Beberapa malaikat yang sering kita dengar namanya antara lain :
Michael (malaikat penghulu peperangan) dan Gabriel (malaikat pembawa berita. Nama malaikat berakhiran -el, yang berarti "Elohim", artinya mereka adalah Malaikat Allah, dan nama asli dari malaikat Lucifer sebelum ia bersalah kepada Tuhan adalah Luciel. Luciel merupakan malaikat pemimpin pujian dengan alat musik dibadannya (Yeh 28:13 KJV).

Salah satu tugas malaikat tentara sorga adalah untuk memerangi tentara Lucifer dan kegiatannya. Michael dan Gabriel pernah berperang melawan para roh pemimpin Yunani, Persia, Media, yaitu yang disebut roh teritorial, anak buah Lucifer (Dan 10:13,20,21 11:1)
"Michael dan malaikatnya melawan si naga dan malaikatnya.." (Wah 12:7)
"seorang malaikat sorga menangkap iblis.." (Wah 20:1-3)



• Roh Jahat

Dalam Alkitab tertulis jumlah kata :
- setan/setan-setan : 90 kali
- roh jahat : 482 kali
- Satan : 55 kali
- Iblis : 17 kali

Tidak semua sebutan roh jahat menunjuk kepada Lucifer, ada beberapa klasifikasi penggolongan sebutan, antara lain :
- Satan : sebutan untuk Lucifer pada saat ia menentang Allah (Mat 4:10, Wah 12:9)
- Iblis : sebutan untuk Lucifer pada saat ia menyerang / memperalat manusia (Mrk 16:23)
- Setan : sebutan untuk roh jahat (Mat 10:8), termasuk juga arwah gentayangan (Yes 26:14)


• Roh Penyesat

Istilah "penyesat" muncul dalam kitab 1 Tim 4:1 dan dibedakan dari setan atau roh jahat yang berasal dari manusia yang telah mati.
Penyesat berarti bekerja melalui ajaran, nasehat, godaan, bujukan, dan lain lain.

Ada beberapa hal yang dapat kita ketahui dari roh penyesat :
- Roh penyesat bukanlah roh orang yang mati, berarti mereka tidak butuh tubuh, dan berarti mereka tidak berdiam di dalam tubuh seseorang sehingga tidak bisa diusir keluar dari tubuh seseorang.
- Roh penyesat bekerja dari luar tubuh manusia
Rom 1:28, Yeh 14:7-10 menunjukan mereka bekerja melalui pikiran, mempengaruhi, menyuntikkan pikiran yang merusak. Contoh : kebiasaan yang buruk, pikiran buruk dan lain lain.

" Tidak tahukah kamu bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat ?…." (1Kor 6:3)

Kita sebagai orang percaya kelak yang akan menghakimi para malaikat pengikut iblis termasuk roh penyesat ini.

Dan semuanya akan dihakimi nantinya, baik roh penyesat, roh jahat, iblis dan para pengikutnya, serta manusia yang telah menyembah berhala, akan dimasukkan ke dalam api kekal untuk selamanya
(Yes 24:21-22, Yoh 16:11, Yer 10:19, Wah 19-20).



• Kesimpulan

Dengan mengetahui secara garis besar mengenai alam roh, kita dapat mengerti jelas struktur dan hirarki di alam roh. Kita akan dapat mengetahui betapa pentingnya KESELAMATAN bagi manusia, tanpa adanya keselamatan di dalam Tuhan Yesus, jiwa manusia pasti akan menjadi milik iblis dan para pengikutnya. Pentingkah kita memberitakan kabar keselamatan kepada orang-orang di sekitar kita ? Ternyata jawabannya adalah SANGAT SANGAT PENTING !

2TES 2:14
"Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita."